Tanaman Dalam Ruangan, Tanaman Hias Indoor, Tanaman Pembersih Udara

Tahukah kamu, 10 Jenis Tanaman Hias Indoor ini Pembersih Udara

Tanaman Hias Indoor sebagian orang sangat mementingkan dan menjadi hal yang tidak bisa dihilangkan di dalam rumah, tanaman hias indoor banyak yang menanamnya untuk pembersih udara didalam ruangan. Tanaman hias di dalam ruangan juga membuat rumah terasa hidup dan asri. Ada banyak hal yang anda belum ketahui tentang tanaman hias ini yang banyak manfaatnya.

Apakah kalian memiliki hobi bertanam di dalam rumah? Jika iya, biasanya tanaman hias dipilih karena warnanya yang menarik. Selain itu ada juga beberapa jenis tanaman yang dapat menyehatkan dan menyegarkan udara, lho! Kalian harus tahu ada beberapa tanaman yang fungsinya selain mempercantik ruangan, ternyata dapat juga dijadikan sebagai penyegar ruangan. Tanaman hias pembersih udara tentunya sangat bermanfaat untuk setiap orang, khususnya rumah yang berada di perkotaan yang dipenuhi dengan polusi. Bagi kalian penikmat udara segar, 20 tanaman ini bisa jadi solusinya!

10 Jenis Tanaman Hias Indoor  Pembersih Udara

1. Palm Komodoria (chamaerodia elegans)

Tanaman Indoor Palm Komodoria

Palem komodoria atau palm parlor merupakan spesies palem yang sering di sebut bambu. Tanaman ini sangat kuat dan bisa hidup di terik matahari dan di dalam ruangan yang minim cahaya. Banyak fungsi yang berguna pada tanaman ini sebagai penyerap racun.

2. Tanaman Sansevieria (lidah mertua)

Tanaman Hias Sansivieria Lidah Mertua

Sansevieria atau lidah mertua adalah marga tanaman hias yang cukup populer sebagai penghias bagian dalam rumah karena tanaman ini dapat tumbuh dalam kondisi yang sedikit air dan cahaya matahari. Sansevieria memiliki daun keras, sukulen, tegak, dengan ujung meruncing.

Sanseviera dikenal dengan sebutan tanaman lidah mertua karena bentuknya yang tajam. Tanaman ini sering ditanam didalam ruangan dan cocok di tanam pada area panas dan minim cahaya.

3. Ficus elastica (Karet Kebo)

Ficus elastica, pohon karet kebo adalah pohon hias populer ditanam di seluruh dunia. Tanaman ini tumbuh di iklim tropis di mana ia tumbuh menjadi pohon yang besar dengan daun menarik dan besar mengkilap. Beberapa kultivar dengan pola daun yang tumbuh bervariasi. Di Hawaii, tidak ada spesies asli Ficus, meskipun telah banyak diperkenalkan untuk ornamen dan reboisasi. Selain itu, Ficus elastica telah dilaporkan sebagai tanaman invasif di dunia. Ficus elastica tercatat oleh PIER (2002) sebagai spesies masalah di Florida meskipun tidak spesifik dan tidak diberi Florida sumber lain untuk menegaskan hal ini. Ficus elastica juga terdaftar sebagai gulma meskipun tidak spesifik diberikan.

4. Monstera Deliciosa

Tanaman yang sedang populer saat ini adalah Monstera deliciosa. Ya, tanaman ini disebut “monster” karena ukuran daunnya yang cukup besar yang berwarna hijau. Nama jenis tanaman ini diambil dari bahasa Latin “monstrou” atau “tidak normal’, jenis tanaman ini dibedakan dari bentuk daun yang tidak lazim dengan lubang alami pada daun. Tanaman yang berasal dari hutan tropis di selatan Meksiko sampai selatan Panama ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin menampilkan taman yang indah atau ruangan yang lebih hijau. Bentuk daun Monstera yang unik tak hanya dapat memberi kesan eksklusif pada ruangan, namun juga mampu meningkatkan kualitas udara berkat produksi oksigen terutama pada malam hari.

5. Spathyphilum (Peace Lily)

Tanaman spathiphyllum disebut juga dengan peace illy atau lili perdamaian. Tanaman ini merupakan evegreen perennial dengan daun hijau tua, bunga yang dihasilkan berwarna putih, beraroma harum dan unik dengan tangkai bunga berwarna putih kekuningan di tengahnya. Tanaman ini tidak memerlukan banyak sinar matahari sehingga sering dijadikan tanaman indoor, bahkan dikategorikan sebagai salah satu tanaman pembersih udara dalam ruangan.

6. Sirih Gading

Sirih Gading adalah salah satu tanaman hias yang paling populer dari semua tanaman rumah . Mereka menarik, tahan lama dan mudah untuk tumbuh. Tanaman merambat yang memiliki daun halus, seperti kulit, berbentuk hati dengan khas marbling. Sirih gading adalah spesies dari tanaman berbunga dalam keluarga dari Araceae. tanaman ini juga disebut golden pothos, devil’s vine atau devil’s ivy karena sangat sulit mati. Tanaman yang bisa menyerap racun atau udara kotor di dalam ruangan, ini jenis tanaman yang sangat saya recomended untuk jenis tanaman indoor.

7. Lavender

Warna bunga yang cerah serta aroma wangi yang keluar dari bunga lavender membuat banyak orang menyukainya. Bunga lavender memang merupakan jenis bunga yang menawan, warna ungu serta wanginya yang semerbak menjadi daya tarik utama dari tanaman ini.

8. Calathea Peacock

Tanaman ini mempunyai nama Ilmiah Calathea sp. Tangkainya cukup menjulang tinggi dengan bentuk daun yang sangat unik, mirip motif bulu yang terdapat pada burung merak. Sangat cocok dijadikan sebagai tanaman hias dala pot.

9. Philodendroon Brasil

Philodendroon Brasil termasuk ke golongan sirih garing, pada daunnya menyerupa tanaman sirih gading tetapi tanaman ini memikiki warna daun yang unik berstrip kuning.

10. Tanaman Palem Waregu

Palm Waregu memiliki warna daun yang sangat hijau, sangat cocok di tanam pada wadah pot dan di letakan di dalam ruangan dan harga tanaman ini pun sangatlah murah.

Demikian artikel tentang 10 Jenis Tanaman Indoor Pembersih Udara, semoga artikel kali ini dapat bermanfaat untuk anda yant sedang mencari solusi tentang tanaman indoor yang baik dan banyak manfaatnya untuk kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *